How to Create Great Leaders with Company Values?

Nilai perusahaan memegang peranan penting dalam membangun pemimpin yang hebat. Oleh karena itu kita harus harus menyadari terlebih dahulu pentingnya nilai perusahaan yang menjadi budaya di lingkungan kerja, diresapi dan dilakukan secara tulus oleh semua karyawan di perusahaan, sehingga kita memiliki identitas jelas yang dikenal oleh semua orang terutama yang berhubungan dengan bisnis kita.

Apa sih Company values itu? Agar lebih mudah dipahami, bayangkan saja rumah tangga anda sebagai perusahaan kecil dan anda sebagai pemimpinnya. Setiap orang tua pasti menginginkan ada nilai pakem-pakem yang dimiliki setiap anggota keluarga seperti: Honesty (Kejujuran), Respect (saling menghargai), Team work (kerja sama saling mendukung ) dan Loyalty (setia). Walaupun mungkin tidak ditulis dan dipampang di dinding rumah seperti halnya dilakukan di kantor, namun setiap yang tinggal di rumah itu sangat diharapkan untuk memegang teguh nilai. Kalau sampai ada yang melanggar, maka ada anggota yang akan terluka dan bisa jadi keharmonisan hilang. Dalam situasi kasus berat, rasanya sukar untuk kembali keadaannya 100% seperti sedia kala. Sama halnya dengan perusahaan. Company values / nilai perusahaan berperan sebagai pondasi kuat dari berbagai strategi yang dijalankan. Strategi boleh berubah setiap saat dikondisikan dengan target yang berubah, kebutuhan pelanggan yang berubah dan banyak faktor lainnya. Berbeda dengan strategi, “company value” akan tetap ada, fleksibel mengikuti perubahan dan berfungsi sebagai “shockbreaker” agar perusahaan tidak keluar dari identitas nya. Saat bisnis sedang bagus, ia akan menjadi bukti pencapaian kita. Saat bisnis dirundung malang, “company values” sebagai alarm yang membangunkan kita dari tidur dan mengatakan bagaimana seharusnya yang harus dibenahi dan dilakukan.

Lalu bagaimana cara kita menentukan  “values” di perusahaan kita? Tentu tidak sembarang ambil dari contoh yang sudah ada dari perusahaan lain lalu digunakan. Apa bisnis kita menjadi hal yang sangat penting dalam penentuan core values. Sebagai contoh, bila kita di bidang jasa layanan, tentu “costumer focus”, dapat menjadi pilihan tepat. Bisa dilakukan dengan diskusi grup yang terdiri dari orang-orang yang kompeten dalam penentuan nilai perusahaan, bukan saja dari level atas, tetapi juga semua level berkontribusi memberikan pendapat.

Perdebatan dalam penentuan nilai perusahaan pasti tak terelakan, tetapi dampaknya akan dasyat. Dengan “company values” kita secara tidak langsung juga sedang mempersiapkan lahirnya pemimpin-pemimpin hebat dalam perusahaan. Pemimpin yang bekerja dengan hati, penuh integritas tinggi, dapat dipercaya, inovative, percaya kekuatan Team dan menjunjung kualitas bagi pelanggan.

“A Great Leader” adalah seseorang yang dapat menginspirasi dan memotivasi lingkungannya , sehingga orang yang bekerja dengan dia mau melakukan yang terbaik, bukan karena pemimpinnya, tetapi karna dorongan kuat dalam hatinya untuk mencapai yang diinginkan. Artinya, pemimpin harus menjadi role model kuat dalam lingkungannya. Pribadi yang “walk the talk” dan dapat bertanggung jawab. Di sini kita bukan sedang membicarakan pemimpin yang mempunyai jabatan dalam management, tetapi lebih penting dari itu, pribadi-pribadi yang punya jiwa kepemimpinan dan menginspirasi lingkungannya, jadi bisa semua karyawan yang ada di perusahaan kita. Dimanakah kita menemukan pemimpin seperti itu, salah satunya dengan berpatokan kepada “core values” yang kita punya. Sering kali kita hanya melihat kemampuan teknis dan melupakan kompetensi softskills yang ia punya. Technical skills bisa di “drill” dengan cepat, tetapi tidak dengan “values” . Harus dipupuk dan di motivasi setiap saat.

Sebagai contoh, perusahaan yang punya nilai “Integrity, Team work, dynamic, Innovative, Customer Focus, maka bisa menciptakan banyak pemimpin yang berintegritas tinggi, jiwa team yang kuat, seorang penuh dinamika yang selalu berinovasi dan memberikan layanan terbaik bagi customer nya internal maupun eksternal. Wow, sepertinya menjadi harapan semua orang.

Jadi, sekarang juga, evaluasi kembali apakah nilai-nilai perusahaan anda sudah diketahui, diterima dan dijalankan oleh seluruh pribadi yang bekerja, atau hanya sekedar hiasan saja di dinding kantor. Apakah perlu di sosialisasikan lagi, diperkenalkan lagi dan dilakukan NBO Value Deployment Program? Peserta diajak untuk menyelami setiap values lewat eksperimental learning yang dikemas menarik sehingga menjadi momet yang tidak terlupa. Keputusan ada di anda untuk menciptakan pemimpin-pemimpin hebat di perusahaan. Lebih Cepat lebih baik, karena roda persaingan terus berputar. Tidak ada kata terlambat. Have a Great Day!

Antonius Oky Andrianto, 
Client Solution Consultant and Senior Executive Trainer