Select Page

Lebih dari dua bulan kita masuk fase PSBB dan bekerja dari rumah. Mungkin anggota tim kita sudah mulai bosan dengan rutinitas yang stagnan, pekerjaan yang menumpuk, serta ditambah sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Masa-masa penting ini bisa kita manfaatkan untuk mempererat team engagement sembari menyiapkan mereka untuk masuk kantor pasca pandemi atau the new normal.

Team engagement sangatlah penting dalam setiap kelompok kerja. Tidak hanya meningkatkan kekompakan tim namun juga menjaga anggota tetap dalam kinerja terbaiknya. Lalu, Bagaimana cara menguatkan team engagement pada masa sulit? Simak tips berikut ini.

Satukan Tujuan
Setiap tim akan bekerja dengan baik dan efektif apabila setiap anggota memiliki visi dan tujuan yang sama. Dengan memiliki tujuan yang jelas tentunya akan meningkatkan motivasi tim. Ini juga berlaku saat bekerja dari rumah. Pastikan tim Anda mengerti tujuan yang ingin dicapai selama bekerja dari rumah. Anda bisa juga memecah tujuan besar Anda menjadi tujuan-tujuan kecil di setiap minggunya. Scoreboard dan leaderboard yang menarik bisa mendorong semangat tim Anda. Anda bisa memanfaatkan Google Slides, menjadikan target dan pencapaian sebagai virtual background, atau online tools lainnya untuk membuat live scoreboard atau leaderboard yang dapat membantu melacak progres tim Anda dan memotivasi mereka untuk mencapai tujuan.

Komunikasi, Komunikasi, Komunikasi
Bekerja dari rumah tentu dapat menimbulkan rasa terasingkan bagi beberapa anggota tim. Teruslah berkomunikasi dengan anggota tim Anda untuk memastikan mereka berjalan ke arah yang benar dan tetap merasa bagian dari tim. Selain itu, sediakan waktu khusus untuk berkomunikasi secara pribadi dengan anggota tim. Mulai dengan good news for today, dengarkan keresahan ataupun tantangan yang mereka hadapi saat bekerja dari rumah. Mendengarkan dan empati adalah dua hal penting yang harus dikuasai oleh pemimpin saat ini. Terlebih di bulan ramadan ini jaga agar komunikasi Anda tetap positif dan saling menguatkan satu sama lain.

Ciptakan Suasana Menyenangkan
Memulai hari Anda dengan meeting pagi yang dilakukan oleh seluruh anggota tim akan membantu setiap orang mengerti tugas dan target yang harus dilaksanakan. Buat suasana meeting Anda lebih menyenangkan dengan mencairkan suasana seperti permainan menebak kata, kuis sederhana, atau bisa juga dengan menanyakan hal-hal ringan seperti “Apa yang Anda syukuri hari ini?”. Selain itu sesi meeting lebih menarik dengan menggunakan tema-tema kreatif seperti “liburan di pantai”, “master chef“, polling “menu buka puasa apa hari ini” atau tema-tema sederhana lainnya yang memberikan kesempatan mereka untuk berkreasi dan membuat mereka lebih bersemangat dalam mengikuti meeting.

Berikan Reward & Apresiasi
Siapa yang tidak tergiur dengan hadiah? Pacu motivasi kerja tim dengan sistem penghargaan bagi mereka yang berprestasi. Esensi sistem penghargaan ini adalah seluruh tim merasa kerja kerasnya dihargai oleh perusahaan. Dan anggota lain terpacu untuk memberi yang terbaik. Diharapkan semuanya akan bekerja optimal dan mampu mencapai tujuan bersama-sama. Reward dan apresiasi yang diberikan bisa berupa online voucher, mengirimkan makanan via online, maupun reward non material seperti post di media sosial, sertifikat online, kesempatan mengikuti training, dsb. Yang terpenting adalah ketulusan dan kepedulian Anda bukan nilai reward yang diberikan.

Tumbuhkan Rasa Kebersamaan
Tumbuhkan rasa kebersamaan dengan interest group chat, mengajak tim untuk mengumpulkan dan menyalurkan donasi/zakat, mengaji atau kajian agama secara online, buka puasa bersama atau mengikuti kelas online bersama. Bisa juga buka puasa dan mengikuti kelas online secara bersamaan. Selain membangun chemistry juga meng-upgrade skills dan wawasan tim.

DigiClass Growth Bite menjadi salah satu yang ditawarkan oleh NBO Indonesia sebagai pilihan kegiatan tersebut. Dengan materi ringan untuk mengisi waktu ngabuburit bareng tim Anda. Konten yang disajikan membutuhkan waktu 1.5 s/d 2 jam dilakukan sebelum berbuka puasa dan tersedia dalam dua pilihan Bahasa Indonesia atau English, serta ada opsi pengantaran Menu Berbuka.

Tunggu apa lagi? Start Learning Now!