Find Your Life Values, to be Productive and Happy in Your Life

Coba luangkan waktu sejenak di sela kesibukan Anda, 5 menit saja. Atur nafas dan pejamkan mata, biarkan pikiran dan hati Anda bebas dari segala macam kesibukan dan rutinitas Anda saat ini.

Bayangkan suatu momen dalam hidup Anda yang benar-benar membuat Anda tersenyum dan bahagia. Momen dimana Anda merasa menjadi seorang yang sangat spesial dan mempunyai makna. Misalnya, Anda merasa sangat bangga dan wajah Anda berseri-seri ketika berhasil memenangkan tender besar, mengalahkan pesaing berat Anda. Atau, betapa bahagianya Anda ketika masih bisa berbagi waktu dengan pasangan atau anak-anak Anda setelah seharian sibuk di kantor. Bisa juga Anda merasakan kebahagiaan yang luar biasa ketika Anda berhasil menjadi role model bagi seseorang dan mengubah hidup mereka ke arah yang lebih baik.

Apapun momen yang Anda bayangkan, coba pikirkan kembali adakah benang merah yang bisa diambil dari momen tersebut dan seberapa besar dampaknya pada hidup Anda. Bila dampaknya besar, bisa jadi Anda telah menemukan ‘LIFE VALUES’.

Apa itu LIFE VALUES? Life values adalah nilai-nilai kehidupan yang kita percayai bisa menimbulkan energi positif dari tubuh kita, dan menggerakkan kita melakukan sesuatu yang mendatangkan kebahagiaan di hati. Ketika kita bahagia, produktifitas sudah pasti akan meningkat besar.

Life values bagi setiap orang berbeda dan beragam bentuknya, setiap orang bisa memiliki lebih dari satu Life Values, beberapa contoh di antaranya adalah Family, Creativity, Innovation, Money, Health, Security, Respect, dan lainnya. Nilai-nilai ini mendasari apa yang kita lakukan dan cara kita melakukannya.

Mengapa sangat penting bagi kita untuk mengetahui Life Values? Karena tanpa kita sadari, selalu ada alasan mendasar mengapa kita melakukan sesuatu yang membuat kita menikmati hal tersebut dan bersemangat dalam melakukannya. Alasan yang membuat kita tidak lagi mengenal waktu, mengesampingkan semua hal, gigih mengatasi tantangan untuk bisa sukses. Anda yang berprofesi sebagai entrepreneur atau pebisnis, pada umumnya memiliki values “Goal Oriented” dan “Risk Taking” agar bisa terus mengembangkan usahanya. Oleh karena itu kita sering melihat orang-orang seperti ini akan melakukan segala cara yang innovative agar mencapai target yang sudah ditentukan, atau bekerja 24 jam 7 hari seminggu dengan pencurahan hati pikiran yang fokus terhadap tujuan mereka.

Seorang Sales Person pada umumnya memiliki value Competitiveness. Karena kalau tidak, bisa dipastikan dia tidak akan mampu mencapai target penjualan. Sementara seorang Marketer, ia akan lebih mampu menghidupkan ide-ide hebatnya apabila dia menerapkan nilai Creativeness and Innovation sehingga strategi promosinya tidak monoton.

Intinya, betapa indah apabila profesi kita sudah sesuai dengan value yang kita miliki, atau kita dapat memasukkan value ke dalam profesi/aktifitas pekerjaan kita. Hasilnya pasti baik, maksimal dan mendatangkan kebahagiaan. Sebaliknya, kita bisa saja merasa terbebani dan menderita ketika kita menjalankan pekerjaan yang tidak sesuai dengan value yang kita miliki.

Bagaimana cara kita mengetahui life values yang penting bagi kita? Caranya sangat mudah. Bayangkan saja suatu waktu ketika kita benar-benar tenggelam dalam pekerjaan/aktifitas yang kita lakukan, sampai kita melupakan segalanya: waktu, rasa lelah, rasa sakit dan kita tetap semangat tersenyum menikmati prosesnya setiap detik dan merasakan kepuasan ketika pekerjaan itu selesai. Lalu ingatlah hal apa yang sebenarnya mendorong Anda ketika itu untuk bisa demikian, apakah itu demi keluarga, atau demi kesuksesan, misalnya. Maka bisa dikatakan Anda sudah mendapatkan life values Anda.

 

Pertanyaannya sekarang, kalau kita sudah menemukan, lalu apa yang harus kita lakukan?

 

Pertama, tentu harus disyukuri karena tidak semua orang bisa dan mau menyadari life values nya, dan memilih untuk menjalani saja roda kehidupannya sambil lalu.

Kedua, fokus pada life values Anda, lalu gali lebih dalam mengapa Anda sangat tergerak oleh value itu dan mengapa value itu membuat Anda merasa nyaman melakukan sesuatu.

Ketiga, ‘revisit’ life values Anda secara berkala agar jangan sampai terlupakan. Caranya adalah dengan memilih satu kegiatan di luar pekerjaan Anda yang mengasah dan memperkuat life values yang Anda miliki.

 

Contoh lagi, saya merasa bahwa salah satu life values saya adalah Life Balance, karena saya merasa bahwa hidup itu perlu keseimbangan kapanpun dan dimanapun kita berada. Ketidakseimbangan bisa membuat kita sakit, membuat kita sedih dan bekerja tidak maksimal. Saya rasa Anda pun setuju dengan saya mengenai pentingnya keseimbangan dalam hidup. Sudah cukup 10 tahun saya bergelut dalam profesi yang tidak mengenal waktu kapan beristirahat dan sekarang saya telah mendapatkannya dalam kurun waktu 6 tahun terakhir. Nah, untuk terus mengasah Life Values saya tersebut, saya mengambil satu aktifitas yang sangat berhubungan dengan keseimbangan yaitu Olahraga Papan luncur (Skateboarding). Barangkali sebagian berpendapat bahwa sudah terlambat di usia saya yang hampir 40 tahun ini, namun berhubung saya memang suka olahraga ekstrim ini, tak terasa sudah 3 tahun saya geluti olahraga dan saya terus diingatkan tentang keseimbangan ketika bermain skateboard di waktu senggang. Sering jatuh? Tidak terhitung jumlahnya, tapi proses jatuhnya membuat semakin diingatkan untuk tidak menyerah dan terus mencoba.

Anda pun bisa mencoba memilih apa aktifitas yang bisa dilakukan untuk mengasah tentang Life Values Anda. Untuk values Sharing/Help People, bisa mengunjungi panti asuhan dan berbagi di sana. Untuk values Competitiveness, ikutilah kegiatan yang memicu adrenalin dan permainan kompetisi. Masih banyak lagi contoh-contohnya, silahkan untuk digali sendiri dan rasakan indahnya ketika Anda sudah menemukannya.

Antonius Oky Andrianto,
Client Solution Consultant and Senior Executive Trainer