Select Page

Bukan hal mudah bagi beberapa orang untuk menjalani puasa sembari bekerja. Karena, kita diharuskan menahan rasa lapar, haus, dan juga emosi selama berpuasa. Berakibat, kita merasa mengantuk, lemas, malas dan kurang mood untuk bekerja.

Namun, jangan menjadikan puasa sebagai alasan kita untuk tidak produktif ya? Meski kita sudah menjalani WFH lebih dari setahun dan berbagai polemik masing-masing yang telah kita hadapi, kita tetap bisa menjaga produktivitas bekerja.

Baca 6 tips berikut ini agar Anda dapat tetap produktif dan puasa Anda tetap lancar.

  • Cicil pekerjaan sehabis sahur
    Melanjutkan tidur pasca sahur memang sangat menggoda. Atas dasar kesehatan ada baiknya Anda tidak langsung tidur, cicil pekerjaan Anda agar saat pagi tiba pekerjaan Anda lebih mudah dijalani.
  • Buat to-do-list
    Mengetahui apa saja yang harus dilakukan, membuat Anda jadi lebih fokus dalam menyelesaikan tugas harian. Jadi, ada baiknya jika Anda membuat to-do-list setiap hari sebelum memulai pekerjaan di pagi hari.
  • Bergerak
    Duduk berlama-lama di depan komputer atau laptop dapat membuat mata dan tubuh kita lelah. Sehingga fokus kita berkurang, ambil waktu 10-15 menit untuk sekedar olahraga ringan seperti stretching atau berjalan kaki. Dan jangan lupa untuk berjemur di pagi hari.
  • Jangan lupa istirahat
    Ada hal penting lainnya ketika kita bekerja di rumah, yaitu istirahat. Pastikan istirahat Anda cukup, jangan paksakan diri Anda jika tubuh sudah merasa lelah dan mengantuk. Istirahatkan tubuh Anda beberapa menit untuk menghindari dari kelelahan.
  • Jauhi distraksi
    Menurut businessnewsdaily.com smartphone, berselancar di internet dan media sosial adalah distraksi utama dalam merusak produktivitas bekerja. Gunakan smartphone dan media sosial hanya ketika kita sedang beristirahat untuk menghindari menurunnya fokus dan molornya jam kerja.
  • Ibadah sesuai jadwal
    Dan yang terakhir dan paling penting, tetap ingat untuk beribadah. Gunakan alarm/notifikasi di laptop sebagai pengingat ketika Anda sedang berada di fase sibuk. Karena beribadah dapat menenangkan pikiran sekaligus sebagai waktu rehat dari pekerjaan Anda. Terlebih di bulan Ramadan ini kita disarankan untuk memperbanyak beribadah.

Tidur setelah sahur dapat meningkatkan asam lambung, gangguan pencernaan, dan penimbunan lemak.

Sumber: Kompas.com

Smartphone, internet, media sosial dan email sebagai pembunuh produktivitas kerja utama. Secara khusus, lebih dari setengah pengusaha yang disurvei mengatakan gangguan terbesar di tempat kerja berasal dari karyawan yang menggunakan ponsel mereka, sementara 44% mengatakan hal yang sama tentang karyawan yang menggunakan internet.

Sumber: businessnewsdaily.com 

Selamat mencoba dan tetap produktif di bulan Ramadan ya?