Culture Transformation; Shape Your Future Performance

Mengapa banyak perusahaan besar saat ini fokus pada Transformasi Nilai-nilai Budaya Perusahaan (Corporate Values)?

Menurut James L. Heskett, “Culture (budaya) bisa mempengaruhi  20-30% kinerja perusahaan dibandingkan dengan kompetitornya yang tidak memiliki kultur perusahaan yang kondusif.”

Apakah culture tersebut? Kultur merupakan gabungan dari nilai-nilai (values), yang kita percaya (belief) dan perilaku (behavior) dari tim kita, yang akan menentukan warna karakter dari perusahaan tersebut.

Kultur yang baik selalu mulai dari visi dan misi perusahaan.  Visi harus dibuat sederhana dan harus dilandasi oleh nilai-nilai yang menopangnya. Tidak ada perusahaan yang memiliki kultur yang baik tanpa manusianya yang percaya dan mau secara sukarela menjalankan nilai-nilai tersebut secara nyata dalam kegiatan sehari-hari.

 

Saya masih ingat saat bertemu dengan seorang Manager di sebuah perusahaan, ia mengatakan bahwa setelah mengikuti program Values Transformation Program dari NBOGroup, karyawan menjadi lebih termotivasi untuk mau bergerak maju ke depan. Mereka mengerti mengapa harus lebih positif dan bekerja sama dengan tim yang sedepartemen maupun dari departemen lain, karena mereka memiliki satu Visi, satu Goal dan satu Tujuan. Visi dan Misi perusahaan lebih jelas dan dapat diadaptasi oleh karyawan sehingga menjadi tujuan yang menggerakkan komitmen bersama.

Ini adalah satu contoh dari Culture Transformation yang berarti adanya perubahaan untuk memperbaiki yang lama dan membentuk arah yang baru untuk masa depan yang lebih baik lagi.

 

Ada 5 alasan mengapa Kultur penting menjadi pondasi dari sebuah Transformasi:

  1. INSPIRE TO ACT.
    Kultur menginspirasi tim untuk bergerak.  Orang akan menjadi positif jika mereka terinspirasi dan hidup dalam nilai-nilai perusahaan.
  1. INFLUENCE YOUR BEHAVIOR
    Kultur mempengaruhi perilaku. Kultur mempengaruhi bagaimana karyawan berpikir, berperilaku dan bertindak.  Jika mereka menghayati nilai-nilai ini maka semua menjadi memiliki gerakan yang sama.
  1. COMPANY DISTINCTIVE
    Kultur menentukan eksistensi.  Apa yang membuat kita beda dengan perusahaan lain?  Apa perbedaan yang sangat kelihatan? Yang membedakan kita adalah persepsi orang terhadap ciri khas yang kelihatan di mata pelanggan, di mata orang lain yang berinteraksi dengan kita.
  1. CONTRIBUTE TO SUCCESS
    Tim yang termotivasi dengan kultur positif, akan lebih produktif.  Mereka akan fokus pada target perusahaan, terpanggil untuk menjadi bagian dari ‘Change Agent”, sehingga sense of ownership and sense of belonging menjadi darah kental dalam diri mereka untuk berkontribusi secara aktif.
  1. SHAPING THE FUTURE
    Kultur akan terbentuk dengan sendirinya dan menjadi Organizational Culture, sehingga perusahaan menjadi lebih dinamis dan positif.  Komunikasi menjadi lebih jelas, baik internal maupun eksternal.

 

Kultur akan bertumbuh dan mengakar seiring dengan waktu, jika diperkuat setiap hari dalam praktik, berpikir, bersikap dan bertindak. Sehingga bisa menjadi satu kekuatan yang positif, mengubah Mindset dan diikuti dengan Hasil yang sepadang.

Coming together is a Beginning, with Vision & Mission we know what we want to achieve.
Staying together is a Process, we need Values to align our way of life, way of doing business.
Together, we can change the world.

 

Susanna Hartawan
Managing Director of NBOGroup Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *